Home Pinjaman Tunai Bisakah Pinjaman Jaminan Sertifikat Rumah Atas Nama Orang Lain? 2018

Bisakah Pinjaman Jaminan Sertifikat Rumah Atas Nama Orang Lain? 2018

0
Bisakah Pinjaman Jaminan Sertifikat Rumah Atas Nama Orang Lain?

Pinjaman Jaminan Sertifikat Rumah Atas Nama Orang Lain – Saat ini mengajukan pinjaman uang tunai ke bank bukanlah hal yang sulit. Ada banyak jaminan yang dapat digunakan untuk mencairkan dana dari bank.

Mulai dari BPKB kendaraan bermotor milik Anda pribadi sampai dengan jaminan sertifikat rumah yang dapat digunakan di berbagai bank.

Tak hanya itu bank juga memberikan banyak pilihan produk yang dapat Anda pilih untuk memenuhi kebutuhan Anda. Bank sendiri memiliki kecenderungan untuk mencairkan dana yang diajukan oleh nasabah pasalnya pembayaran angsuran dari nasabah juga mendukung operasional bank.

Advertisements

Oleh karenanya bank pun memberikan banyak produk dan pilihan pinjaman yang fleksibel bagi nasabah. Lalu apa saja syaratnya jika Anda ingin mengajukan pinjaman ke bank dengan agunan yang Anda miliki? Berikut ulasannya.

Meminjam Uang dengan Sertifikat Orang Lain, Apakah Bisa?

Ketika Anda ingin mengajukan pinjaman uang kepada bank atau instansi keuangan lain, Anda perlu memikirkan apa yang akan Anda agunkan untuk pinjaman tersebut.

Nah, Anda sendiri bisa memilih beberapa hal yang dapat Anda jadikan agunan. Mulai dari BPKB kendaraan sampai sertifikat rumah, Anda bisa menggunakannya sebagai jaminan di bank.

Namun, jika dibandingkan antara sertifikat rumah dan BPKB, biasanya bank akan lebih tertarik dengan jaminan berupa sertifikat rumah.

Advertisements

Oleh karenanya, Anda bisa memilih jaminan ini sebagai pilihan Anda. Keunggulan penggunaan sertifikat rumah sebagai agunan pun banyak karena sertifikat rumah dianggap sebagai salah satu agunan yang paling berharga dan bernilai tinggi di bank.

Keunggulan jaminan berupa sertifikat rumah antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Harga tanah dan rumah akan selalu meningkat sehingga bank lebih percaya pada nilai agunan tersebut dibandingkan dengan agunan berupa BPKB.
  2. Resiko kerusakan atau pencurian barang yang dijadikan agunan sangat kecil, sehingga kemungkinan pinjaman Anda bisa dicairkan akan lebih tinggi.
  3. Bank memberikan pinjaman dengan bunga yang lebih kecil ketika Anda mengajukan pinjaman dengan agunan berupa sertifikat rumah.

Nah, dalam beberapa kasus jaminan sertifikat rumah digunakan untuk pembelian rumah itu sendiri. Namun, rumah tersebut pasti masih memiliki sertifikat dengan nama pemilik terdahulunya.

Padahal, rumah tersebut akan Anda beli dan Anda tempati. Lalu, apakah bisa sertifikat rumah dengan nama orang lain tersebut digunakan untuk pengajuan kredit di bank? Jawabannya tentu saja tidak bisa.

Nama yang tertera pada sertifikat rumah harus sesuai dengan nama si debitur sehingga Anda bisa memberikan dokumen yang sah.

Jika terjadi hal seperti ini apa yang harus Anda lakukan? Jawabannya tentu sangat mudah, yaitu menyetujui perjanjian dengan pihak pemilik rumah terdahulu kemudian mengganti nama pada sertifikat melalui Notaris PPAT.

Dengan begitu jaminan sertifikat rumah yang Anda gunakan dapat berlaku di bank yang Anda tuju.

Advertisements
Load More Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *