Home Dana Tunai Simulasi Kredit Dengan Agunan Sertifikat Rumah 2018 Plus Bunganya

Simulasi Kredit Dengan Agunan Sertifikat Rumah 2018 Plus Bunganya

0
Simulasi Kredit Dengan Agunan Sertifikat Rumah Plus Bunganya

Simulasi Kredit dengan Agunan Sertifikat Rumah – Ada banyak cara untuk mendapatkan pinjaman dari pihak penyedia pinjaman.

Namun, hal itulah yang membuat banyak masyarakat menjadi kebingungan dan banyak yang terbujuk penawaran pinjaman dari agen tidak resmi.

Padahal, apabila sudah mengerti tata cara serta syarat-syarat yang dibutuhkan, meminjam di tempat resmi seperti bank nasional tentu akan lebih mudah dan aman.

Advertisements

Untuk mengatasi kecanggungan dan kebingungan Anda, berikut ini adalah contoh simulasi kredit dengan agunan sertifikat rumah plus bunganya.

Hal-Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Meminjam

Apabila ingin meminjam dengan aman meskipun harus memakai agunan sertifikat rumah, Anda perlu tahu terlebih dulu persyaratan dan dokumen atau surat-surat penting apa saja yang perlu dipersiapkan.

Untuk syarat usia, rata-rata pihak bank maupun pegadaian menyaratkan peminjam harus berusia 21 tahun atau lebih. Kemudian, siapkan hal-hal ini: baca Syarat Pinjaman Karyawan Kontrak

  1. Foto kopi KTP(Kartu Tanda Penduduk) Anda dan istri/suami dan KK (Kartu Keluarga),
  2. Foto kopi surat nikah,
  3. Foto kopi buku tabungan dengan history 3 bulan terakhir,
  4. Foto kopi NPWP,
  5. Slip gaji asli, atau bisa juga Surat Keterangan Penghasilan dan keterangan jabatan yang ditandatangani bos atau pihak HRD.
  6. Foto kopi keuangan terakhir,
  7. Foto kopi izin pendirian perusahaan atau usaha jika memang Anda memiliki usaha sendiri,
  8. Jika Anda seorang profesional, wajib menyertakan foto kopi izin praktek,
  9. Jika yang ingin digadaikan adalah rumah, maka bawa foto kopi lengkap surat-surat rumah Anda. Jangan lupa, pajak rumah harus dibayar teratur.

Simulasi Melakukan Pinjaman dengan Jaminan Sertifikat Rumah

Setelah menyiapkan semua hal di atas, Anda bisa segera pergi ke bank terdekat. Sampai di bank, ambil nomer antrian dan tunggu hingga dipanggil. Baca Pinjam Uang 20 Juta Tanpa Jaminan

Advertisements

Ketika sudah dipanggil, silahkan sampaikan tujuan Anda. Pegawai bank akan memberi Anda formulir yang harus diisi, dan Anda diminta menyerahkan berkas-berkas di atas.

Pihak bank akan menentukan berapa pinjaman yang bisa Anda ambil setelah mengetahui nilai taksir sertifikat rumah Anda.

Jika persyaratan sudah terpenuhi, baru pihak bank akan memberi pinjaman pada Anda. Untuk berapa bunga yang harus Anda bayar saat angsuran, itu semua tergantung jenis pinjaman apa yang Anda setujui. Misal, Anda ke Bank Mandiri, jika mengambil pinjaman KPR Multiguna, maka bunga bisa mencapai 14.25% p.a.

Untuk menghitung berapa pembayaran yang harus Anda cicil per bulan, berarti tinggal kalikan jumlah pinjaman dengan bunga per satu tahun dibagi 12 bulan. Misal, Anda meminjam uang 10 juta. Berarti rumusnya:

10 juta x 14.25% : 12 = 118.750

Jika batas pembayaran adalah satu tahun, maka 10 juta dibagi 12, yakni Rp. 833.333 ditambah Rp. 118.750. Maka cicilan tiap bulan adalah Rp. 952083.

Jumlah tersebut sudah merupakan cicilan dan bunga. Berarti, total bunga dalam satu tahun adalah Rp. 1.425.000. Baca Butuh Pinjaman Uang Segera

Jika ditambah 10 juta, maka total pembayaran selama satu tahun adalah Rp. 11.425.000. Seperti itulah simulasi kredit dengan agunan sertifikat rumah plus bunganya yang bisa Anda ketahui.

Advertisements
Load More Related Articles

Tinggalkan Balasan