Home Tips Biaya Mengurus BPKB Hilang di Biro Jasa, Lengkapi Juga Syarat Berikut

Biaya Mengurus BPKB Hilang di Biro Jasa, Lengkapi Juga Syarat Berikut

0
Biaya Mengurus BPKB Hilang di Biro Jasa, Lengkapi Juga Syarat Berikut

Setiap orang yang memiliki kendaraan bermotor pastilah juga mempunyai BPKB atau Buku Pemilik Kendaraan Bermotor. Namun, apa jadinya jika BPKB hilang secara tidak sengaja karena faktor-faktor tertentu?

Biaya mengurus BPKB hilang di biro jasa, lengkapi juga syarat berikut ini akan menjadi informasi untuk Anda. Mengurus BPKB hilang memang bisa diurus sendiri dengan biaya yang jauh lebih murah.

Tetapi, jika Anda memiliki kesibukan dan tak sempat mengurusnya, maka Anda dapat menggunakan layanan dari biro jasa. Berikut ini adalah beberapa persyaratan melalui biro jasa:

Advertisements

Biaya Plus Syarat Mengurus BPKB Hilang

Identitas diri yang sah berupa KTP, fotokopi STNK atau Surat Tanda Nomor Kendaraan sebanyak 4 rangkap, sertakan pula fotokopi BPKB jika ada. Sebelumnya, Anda juga harus mengurus laporan kehilangan terlebih dahulu, karena surat kehilangan diperlukan untuk mengurus BPKB yang hilang.

Kemudian, ada beberapa dokumen lagi yang harus dilengkapi dari kepolisian setempat, seperti berita acara pemeriksaan, bukti penyiaran iklan di media massa, dan surat keterangan blokir. Baca Gadai Bpkb Motor Pajak Mati

Biaya mengurus BPKB hilang di biro jasa, lengkapi juga syarat berikut ini adalah dengan menandatangani surat pernyataan dari pemilik BPKB bahwa BPKB tersebut hilang dan aman.

Penandatanganan harus dibubuhi diatas materai 6000, setelah itu serahkan kuitansi pembelian. Karena Anda menggunakan biro jasa untuk mengurus BPKB yang hilang, maka harus menyertakan surat kuasa lengkap dengan materai 6000 dan KTP orang yang diberi kuasa dalam bentuk fotokopi.

Jika semua berkas telah disiapkan dengan lengkap, maka Anda dapat menyerahkannya kepada biro jasa yang memang profesional dalam mengurus surat-surat berharga.

Mengurus BPKB yang hilang memang tidak bisa sembarangan, karena inilah Anda harus mencari biro jasa yang terpercaya dan memiliki banyak testimoni. Namun, hal ini hanya berlaku bagi Anda yang tidak bisa mengurusnya sendiri disebabkan suatu hal.

Akan lebih baik jika mengurus sendiri BPKB yang hilang, karena biaya yang dikeluarkan tidak terlalu mahal. Semua biro jasa akan meminta Anda untuk memenuhi syarat-syarat diatas agar proses penerbitan BPKB berjalan dengan lancar. Oleh karena itu, Anda harus memastikan semua berkas telah lengkap sebelum diserahkan kepada pihak biro jasa.

BPKB amatlah penting karena merupakan salah satu surat berharga untuk kendaraan bermotor. Berkas yang satu ini juga menunjukkan bahwa kendaraan bermotor adalah benar milik Anda dan bukan hasil curian. Baca Gadai BPKB Motor di Adira

Biaya mengurus BPKB hilang di biro jasa, lengkapi juga syarat berikut yang telah diuraikan diatas tentu saja berbeda-beda menyesuaikan dengan biro jasa yang digunakan.

Akan tetapi, yang pasti biayanya akan lebih mahal ketimbang Anda mengurusnya sendiri. Itulah syarat-syarat beserta biaya dari biro jasa yang harus Anda ketahui sebelum mengurus BPKB yang hilang.

Biaya dan Syarat Membuat BPKB Duplikat, Aman Gak Ya?

Ketika membeli kendaraan bermotor, Anda pasti akan mendapatkan surat-surat kendaraan bermotor yang menyatakan legalitas kendaraan yang Anda miliki. Salah satu surat berharga itu adalah Bukti Pemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB).

Advertisements

Sayangnya tak jarang surat berharga ini hilang atau rusak sehingga Anda tidak memiliki surat-surat kendaraan Anda. Sebenarnya Anda bisa membuat BPKB duplikat. Jika mungkin Anda bertanya kira-kira biaya dan syarat membuat BPKB duplikat, aman gak ya? Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

Ketika membeli kendaraan bermotor, Anda pasti akan mendapatkan surat-surat legalitas kendaraan tersebut yang disebut BPKB. Karena kelalaian tak jarang beberapa orang harus kehilangan surat berharga ini.

Lantas jika demikian apa yang harus dilakukan? Anda bisa mengurus BPKB duplikat atau yang saat ini dikenal dengan BPKB duplikat pengganti yang resmi. Lantas berapa serta apa biaya dan syarat membuat BPKB duplikat, aman gak ya?

Tentu saja, hal ini sudah diatur oleh lembaga terkait dan tentu saja aman asalkan Anda mengurus di lembaga yang benar. Untuk mengurus surat kendaraan yang sangat penting ini, ada beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi serta biaya yang harus dibayarkan. Persyaratan ini adalah persyaratan yang diberikan untuk kepemilikan kendaraan pribadi.

  1. Membuat Laporan Kehilangan di Kepolisian Setempat dan Surat Pernyataan Kehilangan

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat laporan kehilangan ke kantor polisi minimal setingkat sektor. Ketika membuat surat kehilangan ini Anda akan dimintai keterangan mengenai kronologis kehilangan serta diminta untuk menyerahkan data diri.

Setelah selesai, pihak kepolisian akan membuatkan Berita Acara Pemeriksaan serta surat kehilangan yang dibutuhkan. Anda juga harus membuat surat pernyataan kehilangan yang ditandatangani di atas materai.

  1. Membuat Surat Keterangan dari Bank

Syarat selanjutnya yang harus Anda penuhi adalah surat keterangan dari Bank yang menyatakan jika kendaraan Anda bukanlah kendaraan yang sedang menjadi jaminan. Ketika membuat surat ini juga harus dilengkapi dengan materai 6000.

  1. Membuat Iklan Kehilangan di Dua Media yang Berbeda

Dokumen yang juga menjadi syarat penting pengurusan BPKB duplikat selain surat kehilangan dan keterangan dari reserse adalah membuat iklan atau berita kehilangan di 2 media. Hal ini bisa dibuktikan dengan bukti cetak iklan yang sudah Anda buat di dua media tersebut beserta bukti pembayaran pembuatan iklan.

Setelah melengkapi persyaratan di atas, Anda tinggal mengurus sisanya di SAMSAT setempat. Selain dokumen-dokumen di atas, Anda juga harus membawa dokumen data diri seperti KTP dan fotokopi STNK serta kendaraan sebagai bukti fisik. Setelah itu, petugas SAMSAT akan memproses pengurusan BPKB duplikat ini. Baca Biaya Buat BPKB Baru

Sedangkan biaya yang harus dibayarkan antara 200-300 ribu rupiah. Nah, penjelasan tersebut semoga bisa menjawab pertanyaan tentang biaya dan syarat membuat BPKB duplikay, aman gak ya?

Advertisements
Load More Related Articles

Tinggalkan Balasan