Home Tips Ini Kisaran Biaya Buat BPKB Baru yang Hilang Update

Ini Kisaran Biaya Buat BPKB Baru yang Hilang Update

0
Ini Kisaran Biaya Buat BPKB Baru yang Hilang Update

Bagi pengguna kendaraan atau yang memiliki kendaraan seperti sepeda motor atau mobil pasti sudah mengetahui bahwa BPKB merupakan barang yang sangat vital. BPKB adalah salah satu dokumen resmi kendaraan yang bersangkutan atau sebagai bukti dari kepemilikan.

Akan tetapi bagaimana jika BPKB hilang? Berapa biaya pembuatan dan bagaimana cara mengurusnya. Berikut  ini kisaran biaya buat BPKB baru yang hilang.

Kehilangan BPKB merupakan sesuatu yang harus diwaspadai. Terkadang BPKB bisa hilang karena keteledoran atau karena faktor tertentu.

Advertisements

Jika masih bisa dicari atau maka sebaiknya dicari terlebih dahulu agar tidak sampai membuat lagi. Akan tetapi jika benar-benar lenyap alias tidak ditemukan dimanapun maka perlu segera membuat BPKB yang baru.

Berapakah Biaya Buat BPKB Baru yang Hilang ke samsat?

Dalam mengurus pembuatan BPKB yang baru sebaiknya pemilik kendaraanlah yang mengurus atau nama yang digunakan dalam BPKB sebelumnya. Perlu Anda ketahui bahwa BPKB tidak sama dengan STNK, jika STNK berbentuk lembaran maka BPKB berbentuk buku dengan isi rincian pemilikan dan faktur pembelian. Baca Leasing Bpkb Mobil Tua

Kedua dokumen tersebut sebenarnya sama-sama penting. Bagi yang ingin mengurusnya ini kisaran biaya buat BPKB baru yang hilang. Kisaran biaya dalam membuat BPKB baru yang telah hilang kira-kira 160 ribu bagi kendaraan bermotor (roda dua dan tiga) dengan rincian 80 ribu sebagai biaya penerbitan dan 80 ribu sebagai biaya ganti kepemilikan.

Sementara itu untuk kendaraan roda empat atau mobil, biayanya berkisar antara 200 ribu dengan rincian 100 ribu sebagai biaya penerbitan dan 100 ribu sebagai biaya ganti kepemilikan.

Proses pembuatannya juga cukup gampang dengan membawa identitas diri seperti KTP dan surat kehilangan yang ditandatangani oleh pemilik. Selain itu, Anda juga harus membawa STNK kendaraan dan bukti bahwa BPKB hilang biasanya dalam bentuk iklan di koran dan lain-lain.

Berkas-berkas syarat tersebut beserta kendaraan kemudian dibawa ke Samsat terdekat untuk meminta pengajuan BPKB yang baru. Prosesnya juga mudah, yaitu dengan cara mengisi formulir permohonan BPKB yang hilang, setelah itu kendaraan akan dicek oleh petugas Samsat.

Membayar biaya yang sudah disebutkan di atas ke loket yang telah disediakan, kemudian Anda akan menerima bukti telah mengajukan permohonan pembuatan BPKB yang hilang. Simpan bukti tersebut.

Proses yang dihabiskan untuk membuat BPKB baru Anda terhitung cepat. Proses memerlukan waktu kurang lebih seminggu atau yang telah ditentukan oleh Samsat. Ambil BPKB yang telah jadi dengan membawa bukti pengajuan yang sebelumnya sudah disimpan. Baca Gadai BPKB Motor di Adira

Bagaimana? mudah kan? Biayanya juga tidak terlalu mahal walaupun tidak terhitung murah juga. Ulasan tentang ini kisaran biaya buat BPKB baru yang hilang semoga bisa membantu Anda mengurus BPKB baru. Pastikan untuk menaruh dokumen penting di tempat yang aman

Cara Bedakan BPKB Asli dan Palsu

Sekarang modus kejahatan semakin beragam, entah kejahatan bermodus gendam ataupun yang lain. Satu diantara banyaknya kejahatan yang patut disoroti adalah dipalsukanya BPKB. Begini cara bedakan BPKB asli dan palsu yang meliputi beberapa cara. Cara-cara tersebut diharapkan dapat membantu Anda bisa terhindarkan dari mendapatkan BPKB palsu.

Advertisements

Membeli kendaraan pribadi memang menjadi kebutuhan sendiri bagi sebagian orang. Namun jangan sampai keinginan menggebu-gebu Anda, membuat Anda lengah. Pada akhirnya ketika Anda membeli kendaraan justru mendapatkan BPKB palsu.

Untuk lebih jelas lagi, terutama bagi Anda yang berminat membeli mobil bekas, ada tips untuk mengetahui cara membedakan BPKB palsu dan asli. Begini cara bedakan BPKB asli dan palsu, simak informasinya di bawah ini:

  • Cover

Hal pertama yang penting untuk Anda lihat adalah dari cover BPKB. Biasanya BPKB asli akan memperlihatkan kilapan-kilapan pada sampulnya seperti ada cahaya di dalamnya. Sedangkan untuk BPKB palsu akan memperlihatkan kondisi yang sedikit buram. Tidak terlihat mengkilap dari sampulnya.

  • Hologram

Pada awal halaman BPKB, Anda pasti akan menemui hologram di halaman pertama. Hanya saja antara hologram asli dan palsu sama-sama mempunyai hologram. Pembeda di dalam kedua hal tersebut terletak pada warna hologram.

Jika diperhatikan lebih lanjut dan diterawang secara teliti, BPKB palsu akan memperlihatkan warna kuning pada hologramnya, sedangkan pada BPKB asli warna yang ditampilkan oleh hologram akan menunjukkan warna abu-abu. Jadi sangat kontras sekali dengan BPKB palsu.

  • Nomor Seri

Terkait nomor seri, bisa Anda cek di bawah hologram. Biasanya nomor seri meunjukkan informasi mengenai pembeda domisili.

Jika Anda belum mengerti dengan benar tentang nomor seri tersebut, bisa langsung menghubungi korlantas di tempat Anda. Di sana, pihak korlantas akan memberikan informasi secara sejelas-jelasnya.

  • Identitas

Hal yang paling terlihat dalam membedakan BPKB palsu dan asli adalah dari identitas yang tertera di BPKB. Biasanya BPKB yang dipalsukan lebih menekankan pada mengubah identitas kendaraan saja. Tapi pada bagian identitas pemilik cenderung tidak dilakukan perubahan.

Seringnya identitas kendaraan dihapus secara paksa, lalu oleh si pelaku keterangan yang sudah dihapus dicetak ulang kembali, agar terlihat seperti asli. Baca Mengurus BPKB Hilang di Biro

Adanya tindak kejahatan tidak bisa dipungkiri membuat Anda semakin waspada. Lengah sedikit saja, Anda akan merasakan pedihnya kerugian. Maka untuk menghindari dari segala tindak penipuan, mulai dari sekarang, Anda perlu untuk meningkatkan pengetahuan Anda.

Entah itu hal-hal yang bersifat umum atau dalam hal begini cara bedakan BPKB asli dan palsu. Setidaknya dengan pengetahuan yang Anda miliki, pelaku yang sudah lama mengincar, tiba-tiba jadi berubah pikiran. Pada akhirnya hanya diri Anda sendiri yang bisa menyelamatkan. Orang lain hanya menjadi pengawas saja.

Advertisements
Load More Related Articles

Tinggalkan Balasan