Home Tips Kapan BPKB Motor Kredit Keluar Setelah Lunas Masa Kredit?

Kapan BPKB Motor Kredit Keluar Setelah Lunas Masa Kredit?

0
Kapan BPKB Motor Kredit Keluar Setelah Lunas Masa Kredit?

BPKB Motor Kredit Kelua – Membeli motor dengan kredit tentu akan memberikan kemudahan dalam pembayarannya. Anda bisa mendapatkan motor impian meskipun dengan budget yang terbatas. Namun konsekuensinya, Anda tidak akan bisa mendapatkan surat-surat atau dokumen kendaraan, terutama BPKB.

BPKB ini akan Anda dapatkan jika cicilan atau angsurannya sudah lunas. Pertanyaan selanjutnya adalah kapan BPKB motor kredit keluar setelah lunas masa kredit? Hal tersebut banyak ditanyakan karena terkadang meskipun angsuran tertanggung sudah dilunasi namun pemilik kendaraan yang juga tertanggung angsuran kredit itu tidak bisa mendapatkan surat-surat berharga kendaraan bermotornya.

Jika Anda membeli kendaraan bermotor dengan cara kredit, maka perhatikan jadwal angsuran terakhir Anda. Hal tersebut karena menjelang pembayaran angsuran terakhir Anda harus menyiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan untuk mengambil BPKB motor.

Advertisements

Estimasi BPKB Motor Kredit Keluar Setelah Lunas

Terkadang banyak orang yang tidak tahun kapan BPKB motor kredit keluar setelah lunas masa kredit? BPKB kendaraan bermotor yang Anda beli dengan cara kredit ini sebenarnya bisa langsung diambil ketika pembayaran terakhir angsuran kredit Anda. Asalkan, Anda juga sudah menyiapkan berkas-berkas atau dokumen yang dibutuhkan untuk mengambil BPKB ini.

Anda bisa langsung mengambil BPKB tersebut karena pada dasarnya BPKB motor Anda sudah jadi. Namun karena Anda membeli dengan cara kredit, maka BPKB motor harus ditahan oleh pihak leasing sebagai jaminan hingga angsuran kredit Anda lunas.

Nah, untuk mengambil BPKB kendaraan bermotor Anda, siapkan dulu dokumen atau berkas-berkas yang dibutuhkan. Berkas-berkas itu antara lain misalnya fotokopi data diri, boleh KTP atau SIM (surat ijin mengemudi) yang masih berlaku.

Berkas selanjutnya adalah kwitansi pembayaran atau angsuran kredit yang terakhir. Syarat ini sebenarnya lebih fleksibel, karena tidak semua perusahaan memberikan syarat ini. Namun tidak ada salahnya jika Anda menyiapkannya lebih dulu. Baca Pengambilan BPKB di OTO Finance

Untuk mengambil BPKB kendaraan kredit, Anda juga harus membawa fotokopi STNK beserta pembayaran pajak kendaraan Anda. Dengan membawa STNK dan bukti pembayaran pajak, maka pihak leasing nantinya bisa membantu Anda jika ternyata terdapat kesalahan ataupun perbedaan data di salah satu dokumen kendaraan Anda.

Sedangkan jika yang mengambil bukanlah Anda sebagai pemilik, maka akan ada dokumen tambahan yang harus disiapkan seperti surat kuasa bermaterai dan beberapa dokumen lainnya.

Pengambilan BPKB kendaraan bermotor yang dibeli secara kredit memang tidak bisa dilakukan secara langsung. Sebenarnya, baik pembelian cash maupun kredit, BPKB tidak akan bisa diambil langsung. Anda membutuhkan waktu selama beberapa minggu agar BPKB kendaraan tersebut bisa diurus oleh pihak leasing.

Namun ketika Anda membeli secara kredit, Anda harus menunggu lebih lama untuk membawa pulang BPKB motor Anda. Lalu kapan BPKB motor kredit keluar setelah lunas masa kredit? Jawabannya, segera setelah Anda melunasi angsuran terakhir dan melengkapi berkas-berkas yang dibutuhkan untuk mengambil BPKB, maka Anda bisa langsung membawa pulang surat legalitas kendaraan Anda ini.

Telat Ambil BPKB Kena Denda Tidak Ya?

Banyak jalan yang dapat dilakukan untuk mendapatkan dana apabila dalam keadaan terdesak, salah satunya dengan menggadaikan BPKB. Akan tetapi banyak yang terjadi ketika menggadaikan BPKB dan akan melakukan pelunasan, justru mengalami keterlambatan. Sehingga muncul banyak pertanyaan apabila telat ambil BPKB kena denda tidak ya?

Advertisements

Kena denda ataupun tidak semua itu kembali lagi pada kebijakan masing-masing lembaga pemberi dana pinjaman. Ada beberapa lembaga yang memberikan denda apabila Anda telat mengambil BPKB saat melakukan pelunasan. Baca Kisaran Denda Keterlambatan BFI Finance

Akan tetapi, adapula lembaga yang tidak memberikan denda apabila Anda sudah melakukan pelunasan namun, BPKB belum diambil. Biasanya hal semacam itu berlaku apabila Anda melakukan pelunasan melalui via transfer.

Apabila Anda sudah melakukan pelunasan melalui via transfer, simpan baik-baik bukti transfer tersebut untuk ditunjukkan kepada pihak perusahaan atau lembaga pemberi dana pinjaman. Setiap perusahaan memiliki peraturannya masing-masing, jika Anda menjaminkan BPKB kepada pihak leasing maka peraturan yang harus ditaati berbeda dengan peraturan pada perusahaan penggadaian biasa.

Biasanya pembayaran denda yang dapat dilakukan melalui via transfer atau online adalah kepada pihak leasing kendaraan. Lalu jika telat ambil BPKB kena denda tidak ya? Terutama di tempat penggadaian biasa, jawabannya bisa jadi. Mayoritas perusahaan seperti itu akan memberikan beban keterlambatan pelunasan yang nanti akan dikalkulasi di akhir lengkap dengan bunganya.

Sangat jarang sekali perusahaan seperti itu memberikan sistem pembayaran secara online. Jadi, jika Anda menggadaikan BPKB selain pada tempat leasing usahakan untuk membayar angsuran tepat waktu dan langsung pada kantornya agar lebih cepat selesai.

Sistem pembayaran denda keterlambatan secara online atau melalui via transfer bukan saja berlaku pada pihak leasing. Pengajuan pinjaman dengan menjaminkan BPKB kepada pihak bank juga dapat dikenakan denda apabila Anda melakukan keterlambatan pembayaran.

Bahkan, denda yang diberikan oleh pihak bank jumlah bunganya jauh lebih tinggi dari pihak leasing atau perusahaan penggadaian barang lainnya. Agar menghindari pembayaran denda yang semakin menumpuk, lebih baik Anda menjaminkan BPKB kepada pihak leasing yang menyediakan sistem pelunasan melalui via transfer.

Anda juga harus tahu, semua perusahaan pemberi dana pinjaman dengan jaminan BPKB selalu memberikan jatuh tempo. Dan denda akan mulai dihitung ketika sudah melewati tanggal jatuh tempo yang bersangkutan, walaupun tanggal merah tetap saja presentase bunga dan denda dihitung. Baca Cek Denda Sisa Angsuran Adira Finance

Pemaparan di atas diharapkan dapat membawa pencerahan kepada Anda terkait pertanyaan telat ambil BPKB kena denda tidak ya? Semua itu kembali lagi kepada lembaga atau perusahaan apa yang Anda pilih. Sangat direkomendasikan sekali sebelum memutuskan memilih satu perusahaan pemberi dana pinjaman, Anda tanyakan dahulu apakah ada denda keterlambatan pengambilan BPKB atau tidak.

Advertisements
Load More Related Articles

Tinggalkan Balasan