Home Tips Melihat Kisaran Biaya Mengurus BPKB Rusak Langsung di Samsat

Melihat Kisaran Biaya Mengurus BPKB Rusak Langsung di Samsat

0
Melihat Kisaran Biaya Mengurus BPKB Rusak Langsung di Samsat

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan BPKB rusak, misalnya karena tidak sengaja terbakar atau tercebur ke dalam air. Lalu, apa yang harus dilakukan? Anda bisa langsung mengurusnya sendiri ke Samsat daerah setempat.

Berapa kisaran biaya mengurus BPKB rusak langsung di Samsat? Biaya tersebut telah ditentukan oleh pihak Samsat. Namun sebelum itu, Anda harus mengetahui syarat apa saja yang harus Anda lakukan untuk mengurus BKPB yang rusak.

Persyaratan antara mengurus BPKB rusak dengan BPKB yang hilang sangat berbeda, berikut ini adalah persyaratannya:

Advertisements

Tahapan Dan syarat Mengurus BPKB Rusak

  1. Anda harus mengisi formulir permohonan yang telah disediakan di kantor Samsat, kemudian melampirkan atau menyerahkan tanda bukti identitas diri seperti KTP.
  2. Menyerahkan bukti BPKB atau Buku Pemilik Kendaraan Bermotor yang telah rusak kepada petugas Samsat. Lampirkan pula STNK serta berkas berupa hasil pemeriksaan cek fisik kendaraan bermotor.

Beberapa persyaratan diatas harus Anda serah kepada petugas Samsat, agar mereka dapat memprosesnya lebih lanjut. Karena Anda mengurusnya sendiri, maka tidak perlu melampirkan surat kuasa atau sejenisnya.

Namun, tetap saja jika ada berkas yang tidak lengkap, maka pengajuan untuk mengurus BPKB Anda yang telah rusak tidak dapat dilanjutkan.

Setelah Anda mengetahui beberapa syarat untuk mengurus sendiri BPKB yang rusak, maka dibawah ini akan diberitahukan kisaran biaya mengurus BPKB rusak langsung di Samsat secara lengkap:

Advertisements
  1. Untuk pengisian formulir permohonan dan cek fisik kendaraan bermotor, tidak dipungut biaya alias gratis.
  2. Biaya untuk mencetak BPKB milik Anda, baik itu bertujuan untuk merubah atau mencetak yang baru dikenai biaya yang berbeda antara kendaraan bermotor roda 2 dan kendaraan bermotor roda 4. Jika Anda mengurus BPKB rusak untuk kendaraan bermotor roda 2, maka dikenakan biaya sebesar Rp 225.000,-. Sedangkan untuk kendaraan bermotor roda 4 dikenakan biaya sebesar Rp 375.000,-. Biaya tersebut adalah biaya yang termasuk kedalam PNBP atau Penerimaan Negara Bukan Pajak.

Itulah biaya mengurus sendiri BPKB yang rusak di Samsat daerah setempat. Lain halnya jika Anda meminta biro jasa untuk mengurusnya karena Anda tidak memiliki waktu yang cukup, tentu saja biayanya akan berbeda menjadi jauh lebih mahal.

Biaya yang diuraikan diatas merupakan biaya yang diberikan bagi Anda yang mengurus BPKB rusak dan BPKB hilang. Walaupun dalam prosesnya, mengurus BPKB yang hilang jauh lebih rumit daripada BPKB yang rusak, namun pemerintah tetap mematok biaya yang sama agar tidak memberatkan masyarakat. Baca Syarat Pengambilan BPKB Di Leasing

Perbedaannya hanya terletak pada jenis kendaraannya saja, apakah memiliki roda 2 atau roda 4. Itulah kisaran biaya mengurus BPKB rusak langsung di Samsat yang diharapkan dapat menjadi informasi penting bagi Anda. Sebagai warga negara yang baik, Anda harus segera mengurus surat-surat berharga yang rusak seperti BPKB, bukan?

 

Advertisements
Load More Related Articles

Tinggalkan Balasan