Home Tips Cara Cek Bpkb Mobil Bekas Asli Supaya Tidak Tertipu

Cara Cek Bpkb Mobil Bekas Asli Supaya Tidak Tertipu

0
Cara Cek Bpkb Mobil Bekas Asli Supaya Tidak Tertipu

Keinginan untuk memiliki mobil tinggi? Tetapi anggaran belanja terbatas dan tidak cukup untuk membeli mobil baru? Ingin membeli mobil dengan jangka waktu angsuran kredit yang lebih pendek tidak seperti jangka kredit mobil baru?

Keinginan Anda akan terpenuhi jika Anda mengajukan pembelian mobil bekas secara kredit. Tetapi dalam melakukan transaksi jual beli Anda harus merasa aman dokumen mobil yang Anda beli tidak palsu.

Cara cek bpkb mobil bekas asli supaya tidak tertipu adalah dengan melakukan transaksi jual beli di perusahaan jasa kredit atau leasing yang terpercaya dan berintegritas tinggi.

Advertisements

Kasus pemalsuan bpkp memang marak dilakukan. Anda tentunya tidak menginginkan penantian lama yang dilakukan untuk memiliki mobil bekas hasil angsuran tiba-tiba menghilang karena dinyatakan bpkb mobil tersebut tidak asli alias palsu.

Begini Cara Cek Bpkb Mobil Bekas Asli

Cara paling jitu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan tersebut dengan memilih perusahaan kreditur yang terpercaya. Perusahaan kreditur sudah memastikan tiap barang dagangannya berkualitas baik dan mempunyai dokumen yang lengkap dan asli.

Perusahaan kreditur akan berusaha sebaik-baiknya untuk menjaga tingkat kepercayaan konsumen tinggi demi kelangsungan perusahaannya juga. Otomatis Anda tidak perlu khawatir akan mendapatkan bpkp yang palsu. Yang perlu Anda lakukan cukup sederhana yaitu mengecek identitas Anda dan mobil pada bpkp, jika Anda melakukan pembelian mobil melalui perusahaan kreditur.

Jika Anda lebih nyaman melakukan transaksi pembelian dengan perorangan untuk memperoleh mobil bekas, ada beberapa cara cek bpkb mobil bekas asli supaya tidak tertipu. Biasanya bunga yang lebih rendah ditawarkan oleh kreditur perorangan menjadi pertimbangan konsumen untuk membeli mobil bekas bukan dari perusahaan kreditur. Baca Biaya Buat BPKB Baru

Ciri Dan Cara Mengenali

Bila melakukan transaksi jual beli dengan perorangan, ada baiknya ada tahu ciri-ciri bpkb mobil yang asli. Ciri-cirinya adalah: sampul bpkp yang asli lebih mengkilap, warna hologram di halaman pertama bpkb akan berwarna sesuai aslinya yaitu keabu-abuan meskipun jika diterawang.

Pastikan untuk melakukan pengecekan nomor seri yang terdapat dibawah hologram yang dengan khusus menunjukkan lokasi polda atau polisi daerah yang menerbitkan, pastikan bahwa identitas kendaraan tercetak dengan jelas yang menunjukkan bpkb tersebut bukan merupakan hasil duplikasi, pastikan terdapat lambang korlantas .

Di halaman 14 apabila diberi sinar ultraviolet, dan pastikan pula di halaman 14 tersebut terhadap huruf timbul dan terasa kasar jika diraba yang menunjukkan terdapatnya informasi tertentu berkaitan dengan bpkb, misalnya: informasi tentang lambang korlantas.

Cara cek bpkb mobil bekas asli memang lebih mudah seperti memeriksa keaslian uang kertas. Hologram, huruf timbul dan sinar ultraviolet adalah penciri yang mudah dikenali untuk membedakan antara yang cetakan asli dan cetakan palsu.

Jika masih merasa ragu dengan keaslian dokumen bpkb, akan lebih baik jika melakukan pengecekan ke kantor kepolisian terdekat http://korlantas.polri.go.id/en/bpkb/ atau yang menerbitkan bpkb tersebut.

Advertisements

Bisakah Cek BPKB di Leasing Jika Masih dalam Waktu Kredit

Barangkali hal ini sempat menjadi pertanyaan Anda ketika melakukan kredit kendaraan di leasing tertentu. Pada dasarnya BPKB kendaraan akan diberikan oleh pihak leasing apabila Anda telah menyelesaikan pembayaran kreditnya. Baca Mengurus BPKB Hilang di Biro Jasa

Biasanya juga pemberian BPKB akan dapat dilakukan jika Anda membawa beberapa persyaratan yang telah ditentukan oleh perihal leasing, seperti KTP dan bukti pembayaran. Lalu bagaimana jika kredit belum selesai namun Anda ingin mengecek BPKB Anda?

Melakukan pengecekan BPKB kepada pihak leasing dengan keadaan masih dalam waktu kredit memang dapat dilakukan. Hanya saja, sangat jarang pihak leasing yang akan memperlihatkan secara langsung BPKB Anda tersebut.

Jika pun ada yang mengizinkan Anda untuk melihatnya, namun Anda tidak dapat langsung membawa pulang BPKB tersebut. Sebab sebagaimana yang Anda ketahui, BPKB kendaraan dapat dimiliki setelah penyelesaian kredit telah dilakukan. Lalu bagaimana cara mengecek BKPN kendaraan di leasing ini?

Bagi Anda yang penasaran dengan bisakah cek bpkb di leasing jika masih dalam waktu kredit dapat dilakukan dengan mengunjungi kantor leasing tempat Anda menandatangani perjanjian kredit itu sendiri.

Silahkan langsung berkonsultasi pada pihak customer service yang ada di kantor tersebut. Tanyakan dengan baik dan benar seputar BPKB kendaraan yang Anda kreditkan di leasing itu. Pastikan pula kapan Anda dapat menerima BPKB-nya jika pembayaran telah selesai dan apa saja persyaratan yang diperlukan untuk mengambil BPKB tersebut. Sehingga hal ini akan menjadi informasi tambahan bagi Anda terkait BPKB kendaraan Anda yang sedang dalam masa kredit itu.

Walaupun nantinya BPKB tidak dapat dicek, Anda tidak perlu khawatir. Sebab pihak leasing pasti akan memberikannya kepada Anda sesuai dengan kontrak kredit yang Anda sepakati bersama. Hal yang perlu Anda lakukan adalah fokus pada pembayaran cicilan kredit Anda.

Sebab jika kredit tidak Anda bayar sesuai dengan jadwalnya, maka Anda akan dikenakan sejumlah denda. Bahkan jika pembayaran tidak kunjung dilakukan, maka ada kemungkinan kendaraan Anda akan ditarik oleh pihak leasing.

Maka dari itu, fokuslah untuk membayar kredit Anda tepat waktu. Kemudian simpan pula bukti pembayaran Anda dengan aman, sebab nantinya bukti tersebut diperlukan untuk pengambilan BPKB kendaraan Anda. Baca Ciri STNK dan BPKB Palsu

Nah, itulah tadi beberapa informasi seputar pengecekan BPKB yang dilakukan saat masih berada dalam fase kredit. Agar mendapatkan informasi yang lebih jelas terkait hal ini, sebaiknya Anda langsung mengunjungi kantor leasing Anda.

Kemudian jangan lupa untuk membayar cicilan kredit dan menyimpan setiap slip pembayarannya. Demikianlah informasi yang dapat Anda ketahui ini, semoga informasi ini dapat menjadi jawaban tentang bisakah cek bpkb di leasing jika masih dalam waktu kredit.

Advertisements
Load More Related Articles

Tinggalkan Balasan